Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah
: MTS NUSALAFIYAH
Kelas
/ semester : VIII (delapan) / 2
Mata
pelajaran : IPA FISIKA
Alokasi
waktu : 1 x 40
Kompetensi
dasar
Menerapkan
konsep usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
Menunjukan
hubungan usaha, gaya dan perpindahan
- Tujuan pembelajaran
Siswa
dapat:
- Menjelaskan pengertian usaha
- Menjelaskan bagaimana benda dikatakan melakukan usaha
- Menyebutkan contoh sehari-hari gaya dikatakan melakukan usaha
- Menemukan hubungan antara gaya, usaha dan perpindahan.
- Memecahkan masalah tentang hubungan antara usaha, gaya dan perpindahan
- Materi pembelajaran
Materi
Pokok : Usaha dan energi
Materi
sub pokok : Pengertian usaha
- Metode pembelajaran
- Model pembelajaran : Direct Learning
- Metode pembelajaran : Ceramah
- Media Pembelajaran : Slide Presentation
- Langkah – langkah kegiatan
- Kegiatan pendahuluan
Guru
memberi motivasi:
Dalam kehidupan
sehari-hari kita sering mendengar kata usaha, misalnya kamu berusaha
keras belajar agar lulus ujian. Usaha di sini dapat diartikan sebagai
segala seauatu yang dikerjakan manusia. Apakah pengertian usaha ini
sama dengan pengertian usaha dalam fisika ? Bilamana benda dalam
fisika dikatakan melakukan usaha ?
- Kegiatan inti
- Guru menjelaskan usaha dalam keseharian dan usaha dalam fisika serta contohnya
Usaha
dalam keseharian adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh
manusia.
Contoh :
Berusaha
keras belajar agar lulus ujian
Berusaha
keras agar sampai tujuan dengan tepat waktu
Dalam fisika usaha
berkaitan erat dengan gaya. Oleh karena itu dalam fisika, usaha hanya
dilakukan oleh gaya dan usaha hanya dilakukan oleh jika gaya yang
bekerja pada benda menyebabkan benda itu berpindah posisi ( tempat ).
Jika benda tidak
berpindah posisi meskipun ada gaya, maka dikatakan tidak melakukan
usaha.
Contoh :
Gaya
otot mengangkat bangku dari lantai, dikatakan gaya otot tersebut
melakukan usaha. Tetapi ketika kamu menahan bangku di tanganmu
meskipun kamu berjalan sampai kelelahan, dikatakan tidak melakukan
usaha.
Kamu
mendorong meja, dikatakan gaya ototmu melakukan usaha karena gaya
ototmu menyebakan bangku berpindah.
Atlit angkat besi
dikatakan melakukan usaha ketika memindahkan barbel dari lantai ke
atas kepalanya. Tetapi ketika barber sudah sampai di atas kepala,
gaya otot atlit dikatakan tidak melakukan usaha karena pada saat ini
meskipun ada gaya tetapi barbel tidak berpindah posisi terhadap kamu.
Mendorong tembok,
meskipun kamu kelelahan tetapi gaya ototmu dikatakan tidak melakukan
usaha karena meskipun ada gaya tetapi tidak ada perpindahan.
- Guru menjelaskan rumus usaha, perhitungan serta satuannya
Rumus
usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah
dengan gaya.
Usaha
= gaya x perpindahan dalam arah gaya
W
= F x s
Satuan
usaha dalam SI adalah Joule (disingkat J) umtuk menghormati james
prescott Joule. Dengan demikian di peroleh satuan :
1
Joule = 1 Newton.meter
1 joule adalah besar
usaha yang di lakukan oleh gaya satu newton untuk memindahkan suatu
benda searah gaya sejauh satu meter.
Contoh perhitungan:
- Berapa usaha yang dilakukan apabila gaya F = 30 N dan perpindahan arah gayanya sejauh s = 3 m
Jawab
:
W
= F x s
=
50 N x 3 m = 150 J
- Kegiatan penutup
Usaha
dalam keseharian adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh
manusia.
Dalam fisika usaha
berkaitan erat dengan gaya. Oleh karena itu dalam fisika, usaha hanya
dilakukan oleh gaya dan usaha hanya dilakukan oleh jika gaya yang
bekerja pada benda menyebabkan benda itu berpindah posisi (tempat)
Jika benda tidak
berpindah posisi meskipun ada gaya, maka dikatakan tidak melakukan
usaha.
Rumus
usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah
dengan gaya.
Usaha
= gaya x perpindahan dalam arah gaya
W
= F x s
Satuan
usaha dalam SI adalah Joule (disingkat J)
- Sumber belajar
Kanginan, Marthen.
2006.
Sains
Fisika SMP 2b
untuk SMP kelas VIII.
Jakarta: Erlangga.
- Penilaian hasil belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
MTS NUSALAFIYAH
(
Dr. H. Arif Erfani M.M )
NIP/NIK:987654321
|
|
25
Mei
2012
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan
Alam
(
Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK
:
123456789
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar