Minggu, 08 Juli 2012

RPP MEDIA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah : MTS NUSALAFIYAH
Kelas / semester : VIII (delapan) / 2
Mata pelajaran : IPA FISIKA
Alokasi waktu : 1 x 40
Kompetensi dasar
Menerapkan konsep usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
Menunjukan hubungan usaha, gaya dan perpindahan

  1. Tujuan pembelajaran
Siswa dapat:
  1. Menjelaskan pengertian usaha
  2. Menjelaskan bagaimana benda dikatakan melakukan usaha
  3. Menyebutkan contoh sehari-hari gaya dikatakan melakukan usaha
  4. Menemukan hubungan antara gaya, usaha dan perpindahan.
  5. Memecahkan masalah tentang hubungan antara usaha, gaya dan perpindahan

  1. Materi pembelajaran
Materi Pokok : Usaha dan energi
Materi sub pokok : Pengertian usaha

  1. Metode pembelajaran
  1. Model pembelajaran : Direct Learning
  2. Metode pembelajaran : Ceramah
  3. Media Pembelajaran : Slide Presentation

  1. Langkah – langkah kegiatan
  1. Kegiatan pendahuluan
Guru memberi motivasi:
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata usaha, misalnya kamu berusaha keras belajar agar lulus ujian. Usaha di sini dapat diartikan sebagai segala seauatu yang dikerjakan manusia. Apakah pengertian usaha ini sama dengan pengertian usaha dalam fisika ? Bilamana benda dalam fisika dikatakan melakukan usaha ?
  1. Kegiatan inti
  1. Guru menjelaskan usaha dalam keseharian dan usaha dalam fisika serta contohnya
Usaha dalam keseharian adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia.
Contoh :
Berusaha keras belajar agar lulus ujian
      Berusaha keras agar sampai tujuan dengan tepat waktu
Dalam fisika usaha berkaitan erat dengan gaya. Oleh karena itu dalam fisika, usaha hanya dilakukan oleh gaya dan usaha hanya dilakukan oleh jika gaya yang bekerja pada benda menyebabkan benda itu berpindah posisi ( tempat ).
Jika benda tidak berpindah posisi meskipun ada gaya, maka dikatakan tidak melakukan usaha.
Contoh :
Gaya otot mengangkat bangku dari lantai, dikatakan gaya otot tersebut melakukan usaha. Tetapi ketika kamu menahan bangku di tanganmu meskipun kamu berjalan sampai kelelahan, dikatakan tidak melakukan usaha.
Kamu mendorong meja, dikatakan gaya ototmu melakukan usaha karena gaya ototmu menyebakan bangku berpindah.
Atlit angkat besi dikatakan melakukan usaha ketika memindahkan barbel dari lantai ke atas kepalanya. Tetapi ketika barber sudah sampai di atas kepala, gaya otot atlit dikatakan tidak melakukan usaha karena pada saat ini meskipun ada gaya tetapi barbel tidak berpindah posisi terhadap kamu.
Mendorong tembok, meskipun kamu kelelahan tetapi gaya ototmu dikatakan tidak melakukan usaha karena meskipun ada gaya tetapi tidak ada perpindahan.

  1. Guru menjelaskan rumus usaha, perhitungan serta satuannya

Rumus usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah dengan gaya.
Usaha = gaya x perpindahan dalam arah gaya
W = F x s
Satuan usaha dalam SI adalah Joule (disingkat J) umtuk menghormati james prescott Joule. Dengan demikian di peroleh satuan :
1 Joule = 1 Newton.meter
1 joule adalah besar usaha yang di lakukan oleh gaya satu newton untuk memindahkan suatu benda searah gaya sejauh satu meter.
Contoh perhitungan:
  1. Berapa usaha yang dilakukan apabila gaya F = 30 N dan perpindahan arah gayanya sejauh s = 3 m
Jawab :
W = F x s
= 50 N x 3 m = 150 J
  1. Kegiatan penutup
Usaha dalam keseharian adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia.
Dalam fisika usaha berkaitan erat dengan gaya. Oleh karena itu dalam fisika, usaha hanya dilakukan oleh gaya dan usaha hanya dilakukan oleh jika gaya yang bekerja pada benda menyebabkan benda itu berpindah posisi (tempat)
Jika benda tidak berpindah posisi meskipun ada gaya, maka dikatakan tidak melakukan usaha.

Rumus usaha adalah hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah dengan gaya.
Usaha = gaya x perpindahan dalam arah gaya
W = F x s
Satuan usaha dalam SI adalah Joule (disingkat J)
  1. Sumber belajar
Kanginan, Marthen. 2006. Sains Fisika SMP 2b untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
  1. Penilaian hasil belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Menunjukan hubungan usaha, gaya dan perpindahan


  • Penugasan

  • Uraian
  • Jelaskan pengertian usaha dalam keseharian dan usaha dalam fisika
  • Usaha yang dilakukan gaya F untuk memindahkan peti dalam arah mendatar sejauh 50 cm adalah 12 J. Tentukan gaya F tersebut?





Mengetahui,
Kepala MTS NUSALAFIYAH








( Dr. H. Arif Erfani M.M )
NIP/NIK:987654321

25 Mei 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam








( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK : 123456789




Tidak ada komentar:

Posting Komentar