Senin, 11 Juni 2012

RPP Kelistrikan kelas IX


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester           : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu              :  2 X 40 ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
3.1   Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
                                 
A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·   Menjelaskan benda bermuatan  listrik dengan cara di gosok.
·   Memberikan contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik.
·   Melakukan percobaan pembuktian benda bermuatan listrik.
·   Menunjukan bahan – bahan yang termasuk konduktor dan isolator.
·   Melakukan percobaan sederhana untuk menentukan sifat muatan listrik.
·   Menjelaskan hubungan antara gaya listrik dan muatan listrik.
·   Memberikan contoh masalah dan manfa’at listrik statis.

B. Materi Pembelajaran
        Listrik Statis

C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
            2.   Metode   :  -  Diskusi kelompok
                               -  Eksperimen
                               -  Observasi
                               -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø  Apakah yang dimaksud dengan listrik statis?
Ø  Apakah jenis muatan listrik penggaris sama dengan muatan listrik pada batang kaca?

b. Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan munculnya muatan listrik pada suatu benda
Ø  Guru menjelaskan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
Ø  Guru mendemonstrasikan mengenai benda bermuatan listrik
Ø  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Ø  Guru menjelaskan prosedur eksperimen
Ø  Guru menjelaskan sifat muatan listrik

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik  membuat rangkuman simpulan  pelajaran
Ø  Melakukan  refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø  Memberikan tugas rumah berupa latihan soal, experiment


PERTEMUAN KEDUA
a.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Apa yang akan ditimbulkan oleh dua muatan listrik?
Ø  Hal apa yang biasanya terjadi saat hujan turun?
b. Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan tentang hukum couloumb
Ø  Guru menjelaskan pengertian induksi listrik
Ø  Guru menjelaskan tentang distribusi muatan listrik
Ø  Guru menjelaskan masalah dan manfa’at listrik statis dalam kehidupan sehari-hari


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik dan sendiri membuat rangkuman atau simpulan  pelajaran
Ø  Memberikan tugas rumah berupa latihan soal, observasi


E. Sumber Belajar

1)      Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)      Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.

       F.  Penilaian Hasil Belajar               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
· Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
· Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
· Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik
· Menjelaskan  hubungan antara gaya listrik dan benda muatan listrik
· Mengkaji masalah dan pemanfa’atan listrik dalam kehidupan sehari-hari

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Tes unjuk kerja



·   Tes tertulis









·   Uraian


·   Isian



·   Uji petik kerja prosedur


·   Uraian
·   Jelaskan proses benda tertentu dapat bermuatan bila digosok!

·   Berilah contoh peristiwa yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!


·   Lakukan percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.


·   Jelaskan hubungan gaya bermuatan listrik dengan besarnya benda bermuatan listrik
·   Berikan contoh masalah dan manfa’at listrik yang ada dilingkungan anda!
                                                                                                       
                                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah



( Dra. H. Arif Erfani BA )
NIP/NIK :12345678900

16 Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK :103611009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester           : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu              :  2 X 40 ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
             3.2   Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta                                    penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  
A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan konsep arus listrik.
·         Menjelaskan pengertian kuat arus listrik dan dapat mengukurnya.
·         Menjelaskan konsep beda potensial listrikdan dapat mengukurnya.
·         Menjelaskan fungsi saklar dan sekring.
·         Menyebutkan bunyi hukum Ohm.
·         Menemukan hubungan antara kuat arus dengan beda potensial.
·         Menjelaskan cara mengukur hambatan listrik.
·         Membedakan konduktor, isolator, dan semi konduktor.
·         Menyebutkan beberapa contoh konduktor, dan isolator.
·         Menyebutkan bunyi hukum I Kirchhoff.
·         Menyebutkan jenis-jenis resistor.
·         Menjelaskan rangkaian resistor seri dan paralel.
·         Menentukan hambatan total seri, dan paralel.


B. Materi Pembelajaran
        Listrik Dinamis

C. Metode Pembelajaran1
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
            2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a.      Kegiatan Pendahuluan

·         Apa yang di maksut dengan listrik dinamis?
·         Apa yang menyebabkan air dapat mengalir?


b.      Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan konsep arus listrik
Ø  Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
Ø  Guru menjelaskan pengertian kuat arus dan penggunaan Amperemeter
Ø  Guru menjelaskan konsep beda potensial dan penggunaan volmeter
Ø  Guru menjelaskan hukum ohm dan hubungan antara arus dan beda potensial
Ø  Guru menjelaskan pengukuran hambatan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Pernahkah kalian tersetrum?
Ø  Apa yang disebut dengan resistor?
b.      Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan perbedaan konduktor, isolator, dan semi konduktor
Ø  Guru menjelaskan hukum  kirchoff
Ø  Guru menjelaskan jenis-jenis resistor
Ø  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Ø  Guru menjelaskan rangkaian rangkaian seri dan paralel
Ø  Guru menjelaskan hambatan pengganti rangkaian seri dan paralel

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
1)      Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)      Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
        

        
F. Penilaian Hasil Belajar     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
·     Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
·     Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
·      Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
·     Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
·     Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
·   Tes tertulis

·   Tes unjuk kerja





·   Penugasan







·   Tes unjuk kerja


·   Tes tertulis




·   Tes tertulis



·   Uraian

·   Uji petik kerja produk




·   Tugas proyek






·   Tes identifi-kasi


·   Uraian




·   Uraian
·   Jelaskan perbedaan antara arus listrik dan beda potensial listrik!
·   Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!
·   Lakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan alat-alat yang tersedia, laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan melalui presentasi kelas
·   Disediakan bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan semikonduktor!

·   Gunakan Hukum Kirchoff untuk menghitung V dan I pada rangkaian di bawah ini
Gambar rangkaian!
 
 


·   Hitunglah besarnya hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di bawah ini1
Gambar rangkaian!
 
 



                                            
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah


( Drs. H. Arif Erfani BA)
NIP/NIK : 12345678900

16, Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam


( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK : 103611009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester           : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu               :  1 X 40’

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
             3.3   Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya                              serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·Menjelaskan pengertian sumber arus listrik dan pembagiannya
·Menyebutkan macam-macam sel primer dan skunder
·Membedakan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit.
·Menjelaskan cara mengukur gaya gerak listrik (ggl).
·Menjelaskan cara mengukur tegangan jepit.
·Menjelaskan persamaan hubungan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit
B. Materi Pembelajaran
Sumber arus listrik
C. Metode Pembelajaran
           1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
          a. Kegiatan Pendahuluan
Ø  Dapatkah kamu menyebutkan alat elektronik yang tidak menggunakan  sumber arus listrik?
Ø  Apakah yang dimaksud dengan gaya gerak listrik (ggl)?
b. Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan sumber arus listrik
Ø  Guru menjelaskan pembagian sumber arus listrik
Ø  Guru menjelaskan tentang macam-macam sel primer dan skunder
Ø  Guru menjelaskan perbedaan ggl dan tegangan jepit
Ø  Guru menjelaskan cara mengukur tegangan ggl
Ø  Guru menjelaskan cara mengukur tegangan jepit
Ø  Guru menjelaskan persamaan hubungan ggl dan tegangan jepit

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
    
E. Sumber Belajar

1)      Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)      Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
        
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
·     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis



·   Uraian

·   Uraian



·   Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
·   Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!



                                            
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah




( Drs. H. Arif Erfani BA )
NIP/NIK : 12345678900

16, Agustus  2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK : 103611009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester           : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu              4X 40 ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
          3.4    Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan energi listrik.
·         Mengamati hubungan antara kalor dengan beda potensial.
·         Mengamati hubungan antara kalor dengan kuat arus listrik.
·         Menjelaskan rumusan energi listrik
·         Menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
·         Menjelaskan pengertian daya listrik.
·         Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.
·         Menjelaskan langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh.
·         Menjelaskan cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi listrik

B. Materi Pembelajaran
            Energi dan Daya Listrik

C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
               2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah
                         
D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Sebutkan alat perabot rumah tangga yang menggunakan energi listrik?
Ø  Bagaimanakah merumuskan energi listrik?

b. Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan pengertian energi listrik
Ø Guru menjelaskan rumus energi listrik dan memberikan contoh
Ø Guru menjelaskan pengertian daya listrik
Ø Guru menjelaskan rumus daya listrik dan memberikan contoh
c. Kegiatan Penutup        
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan membuat rangkuman simpulan  pelajaran;
Ø Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan ter program;
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


PERTEMUAN KEDUA
a.      Kegiatan Pendahuluan
Ø Apa satuan dalam penghitungan energi listrik?
Ø Bagaiman cara melakukan penghematan dalam menggunakan energi listrik?
b.      Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan dan memberi contoh penghitungan angka penggunaan energi listrik
Ø Guru menjelaskan dan memberi contoh alat-alat yang merupakan perubahan energi listrik
Ø Guru menjelaskan cara penghematan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
    


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
Ø Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik



E. Sumber Belajar
1)      Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)      Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
        
F. Penilaian Hasil Belajar   
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
·     Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
·     Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
·     Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
·     Melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Penugasan




·   Tes tertulis


·   Tes tertulis


·   Uraian

·   Uraian


·   Tugas rumah



·   uraian


·   uraian
·   Tentukan energi listrik yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
·   Tentukan energi listrik dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!
·   Lihatlah KWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan!
·     Berikan contoh perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain

·   Bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?

                                            
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah




( Drs. H. Arif Efani BA)
NIP/NIK : 12345678900

16, Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK : 103611009



                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar