RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40 ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
· Menjelaskan
benda bermuatan listrik dengan cara di
gosok.
· Memberikan
contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik.
· Melakukan
percobaan pembuktian benda bermuatan listrik.
· Menunjukan
bahan – bahan yang termasuk konduktor dan isolator.
· Melakukan
percobaan sederhana untuk menentukan sifat muatan listrik.
· Menjelaskan
hubungan antara gaya listrik dan muatan listrik.
· Memberikan
contoh masalah dan manfa’at listrik statis.
B. Materi Pembelajaran
Listrik Statis
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode : -
Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apakah yang dimaksud dengan listrik statis?
Ø Apakah jenis muatan listrik penggaris sama
dengan muatan listrik pada batang kaca?
b. Kegiatan Inti
Ø
Guru
menjelaskan munculnya muatan listrik pada suatu benda
Ø
Guru
menjelaskan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
Ø
Guru
mendemonstrasikan mengenai benda bermuatan listrik
Ø
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Ø
Guru
menjelaskan prosedur eksperimen
Ø
Guru
menjelaskan sifat muatan listrik
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman
simpulan pelajaran
Ø Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Ø Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Memberikan
tugas rumah berupa latihan soal, experiment
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apa yang
akan ditimbulkan oleh dua muatan listrik?
Ø Hal apa
yang biasanya terjadi saat hujan turun?
b. Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan tentang hukum couloumb
Ø Guru menjelaskan pengertian induksi listrik
Ø Guru menjelaskan tentang
distribusi muatan listrik
Ø Guru menjelaskan masalah dan manfa’at listrik
statis dalam kehidupan sehari-hari
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan sendiri
membuat rangkuman atau simpulan
pelajaran
Ø Memberikan tugas rumah berupa latihan soal,
observasi
E. Sumber Belajar
1) Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A
untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2) Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk
SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menjelaskan benda dapat
bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
· Memberi contoh peristiwa
yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
·
Melakukan percobaan sederhana untuk
menunjukkan sifat muatan listrik
· Menjelaskan hubungan antara gaya listrik dan benda muatan
listrik
· Mengkaji masalah dan pemanfa’atan listrik
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Isian
· Uji petik kerja prosedur
· Uraian
|
· Jelaskan proses benda
tertentu dapat bermuatan bila digosok!
· Berilah contoh peristiwa
yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!
· Lakukan percobaan untuk menunjukkan
sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti plastik, kaca, kain
wool, kain sutra, benang, statif.
· Jelaskan hubungan gaya
bermuatan listrik dengan besarnya benda bermuatan listrik
· Berikan contoh masalah
dan manfa’at listrik yang ada dilingkungan anda!
|
Mengetahui,
Kepala MTs Nu
Salafiyah
( Dra. H. Arif Erfani BA )
NIP/NIK :12345678900
|
|
16 Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK :103611009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTS
NU SALAFIYAH
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi
waktu : 2 X 40 ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
3.
Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
·
Menjelaskan konsep arus listrik.
·
Menjelaskan pengertian kuat arus listrik dan dapat
mengukurnya.
·
Menjelaskan konsep beda potensial listrikdan dapat
mengukurnya.
·
Menjelaskan fungsi saklar dan sekring.
·
Menyebutkan bunyi hukum Ohm.
·
Menemukan hubungan antara kuat arus dengan beda potensial.
·
Menjelaskan cara mengukur hambatan listrik.
·
Membedakan konduktor, isolator, dan semi konduktor.
·
Menyebutkan beberapa contoh konduktor, dan isolator.
·
Menyebutkan bunyi hukum I Kirchhoff.
·
Menyebutkan jenis-jenis resistor.
·
Menjelaskan rangkaian resistor seri dan paralel.
·
Menentukan hambatan total seri, dan paralel.
B. Materi Pembelajaran
Listrik
Dinamis
C. Metode Pembelajaran1
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Apa yang di
maksut dengan listrik dinamis?
·
Apa yang
menyebabkan air dapat mengalir?
b. Kegiatan Inti
Ø
Guru menjelaskan konsep arus listrik
Ø
Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
Ø
Guru menjelaskan pengertian kuat arus dan penggunaan
Amperemeter
Ø
Guru menjelaskan konsep beda potensial dan penggunaan
volmeter
Ø
Guru menjelaskan hukum ohm dan hubungan antara arus dan
beda potensial
Ø
Guru menjelaskan pengukuran hambatan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø Melakukan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø
Pernahkah kalian tersetrum?
Ø
Apa yang disebut dengan resistor?
b. Kegiatan Inti
Ø
Guru menjelaskan perbedaan konduktor, isolator, dan semi konduktor
Ø
Guru menjelaskan hukum kirchoff
Ø
Guru menjelaskan jenis-jenis resistor
Ø
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Ø
Guru menjelaskan rangkaian rangkaian seri dan paralel
Ø
Guru menjelaskan hambatan pengganti rangkaian seri dan paralel
c.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø Melakukan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
1)
Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP
kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)
Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX.
Jakarta: Erlangga.
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
||||||||
·
Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
·
Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi
baik seri maupun paralel
·
Menyelidiki
hubungan antara arus listrik
dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm)
·
Menemukan perbedaan
hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
·
Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I
dalam rangkaian
· Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri
dan paralel
|
·
Tes
tertulis
· Tes unjuk kerja
· Penugasan
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
·
Uraian
· Uji petik kerja produk
· Tugas proyek
· Tes identifi-kasi
· Uraian
· Uraian
|
·
Jelaskan
perbedaan antara arus listrik dan beda potensial listrik!
· Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan
menggunakan alat-alat yang telah disediakan!
· Lakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara arus
listrik dan beda potensial dengan menggunakan alat-alat yang tersedia,
laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan melalui presentasi kelas
· Disediakan bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang
termasuk konduktor, isolator dan semikonduktor!
· Gunakan Hukum Kirchoff untuk menghitung V dan I pada
rangkaian di bawah ini
· Hitunglah besarnya hambatan pengganti rangkaian listrik
seri seperti yang tampak pada gambar di bawah ini1
|
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah
( Drs. H. Arif
Erfani BA)
NIP/NIK :
12345678900
|
|
16, Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu
Pengetahuan Alam
( Luluk Rohmawati
S.Pd )
NIP/NIK :
103611009
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
MTS NU SALAFIYAH
Kelas
/ Semester : IX (Sembilan) /
Semester I
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 1 X
40’
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
3.3 Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·Menjelaskan
pengertian sumber arus listrik dan pembagiannya
·Menyebutkan
macam-macam sel primer dan skunder
·Membedakan
gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit.
·Menjelaskan
cara mengukur gaya gerak listrik (ggl).
·Menjelaskan
cara mengukur tegangan jepit.
·Menjelaskan
persamaan hubungan gaya gerak listrik (ggl) dan tegangan jepit
B. Materi
Pembelajaran
Sumber
arus listrik
C.
Metode Pembelajaran
1. Model :
- Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø
Dapatkah kamu menyebutkan alat elektronik yang tidak
menggunakan sumber arus listrik?
Ø
Apakah yang dimaksud dengan gaya gerak listrik (ggl)?
b. Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sumber arus listrik
Ø Guru menjelaskan pembagian sumber arus listrik
Ø Guru menjelaskan tentang macam-macam sel primer dan skunder
Ø Guru menjelaskan perbedaan ggl dan tegangan jepit
Ø Guru menjelaskan cara mengukur tegangan ggl
Ø Guru menjelaskan cara mengukur tegangan jepit
Ø Guru menjelaskan persamaan hubungan ggl dan tegangan jepit
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E.
Sumber Belajar
1) Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A untuk SMP
kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2) Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk SMP kelas IX.
Jakarta: Erlangga.
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus
listrik
· Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik
primer dan sekunder
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uraian
|
· Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak
Listrik)!
· Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer
dan sekunder)!
|
Mengetahui,
Kepala
MTs Nu
Salafiyah
(
Drs. H. Arif Erfani BA )
NIP/NIK
: 12345678900
|
|
16, Agustus 2012
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(
Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK
: 103611009
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTS NU SALAFIYAH
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 4X 40 ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.4
Mendeskripsikan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan
energi listrik.
·
Mengamati hubungan antara kalor dengan beda potensial.
·
Mengamati hubungan antara kalor dengan kuat
arus listrik.
·
Menjelaskan rumusan energi listrik
·
Menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
·
Menjelaskan pengertian daya listrik.
·
Menjelaskan hubungan antara daya
listrik dan energi listrik.
·
Menjelaskan
langkah-langkah untuk menentukan energi listrik
dalam satuan kWh.
·
Menjelaskan cara melakukan penghematan dalam
menggunakan energi listrik
B. Materi Pembelajaran
Energi
dan Daya Listrik
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode : -
Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Sebutkan alat perabot
rumah tangga yang menggunakan energi listrik?
Ø Bagaimanakah merumuskan
energi listrik?
b. Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan pengertian energi listrik
Ø Guru menjelaskan rumus energi listrik dan
memberikan contoh
Ø Guru menjelaskan pengertian daya listrik
Ø Guru menjelaskan rumus daya listrik dan memberikan
contoh
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan membuat rangkuman simpulan
pelajaran;
Ø Melakukan penilaian atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan ter program;
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Apa satuan dalam
penghitungan energi listrik?
Ø Bagaiman cara melakukan
penghematan dalam menggunakan energi listrik?
b.
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan dan memberi contoh penghitungan
angka penggunaan energi listrik
Ø Guru menjelaskan dan memberi contoh alat-alat yang
merupakan perubahan energi listrik
Ø Guru menjelaskan cara penghematan energi listrik
dalam kehidupan sehari-hari
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran
Ø Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Ø Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
E. Sumber Belajar
1)
Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A
untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2)
Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk
SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menjelaskan hubungan
antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
· Menjelaskan hubungan
antara daya listrik energi listrik,
dan satuannya (kWh dan Joule)
· Menerapkan konsep
energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga
berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
·
Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi
energi bentuk lain
·
Melakukan
penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Penugasan
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uraian
· Tugas rumah
· uraian
· uraian
|
· Tentukan energi listrik
yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
· Tentukan energi listrik
dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!
· Lihatlah KWh meter yang
ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama
1 bulan!
·
Berikan contoh perubahan energi listrik menjadi energi
bentuk lain
· Bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari?
|
Mengetahui,
Kepala MTs Nu Salafiyah
( Drs. H. Arif Efani BA)
NIP/NIK : 12345678900
|
|
16, Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( Luluk Rohmawati S.Pd )
NIP/NIK : 103611009
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar