SILABUS
Sekolah : MTS NU SALAFIYAH
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 1
(Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||
3.1 Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik statis
|
· Mendiskripsikan
munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat
bermuatan listrik
· Memberi paparan tentang percobaan
sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
· Mengkaji hubungan antara
gaya listrik dan muatan listrik
· Mengkaji masalah dan
manfa’at listrik statis dalam kehidupan sehari - hari
|
· Menjelaskan benda dapat
bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
· Memberi contoh peristiwa
yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
· Melakukan percobaan
sederhana untuk menunjukkan sifat
muatan listrik
· Menjelaskan hubungan antara gaya listrik dan benda
bermuatan listrik
· Mengidentifikasi
masalah dan manfa’at listrik
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Isian
· Uji petik kerja prosedur
· Uraian
· Uraian
|
· Jelaskan proses benda
tertentu dapat bermuatan bila digosok!
· Berilah contoh peristiwa
yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!
· Lakukan percobaan untuk
menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti
plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.
· Jelaskan hubungan antara
gaya listrik dan besarnya muatan listrik.
·
Berilah contoh masalah dan manfa’at listrik statis yang ada
di lingkungan anda!
|
2x40
|
1, 2, 3, 4
|
||||
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik dinamis
|
·
Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial
listrik.
· Menemukan cara membuat rangkaian listrik
baik secara seri maupun paralel.
· Melakukan percobaan
sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial
dalam suatu rangkaian
· Mengkaji tentang hambatan dari beberapa jenis bahan
baik yangtergolong konduktor, semikonduktor, dan isolator, serta prosedur
penerapan Hukum Kirchoff.
· Memecahkan soal-soal
yang berkait dengan perhitungan hambatan pengganti rangkaian listrik
|
· Menjelaskan konsep arus
listrik dan beda potensial listrik
· Membuat rangkaian
komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun
paralel
· Menyelidiki hubungan
antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum
Ohm)
· Menemukan perbedaan hambatan
beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
· Menggunakan Hukum
Kirchoff I untuk menghitung tegangan dan Iarus dalam rangkaian
· Menghitung hambatan
pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
|
· Tes tertulis
· Tes unjuk kerja
· Penugasan
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uji petik kerja produk
· Tugas proyek
· Tes identifi-kasi
· Uraian
· Uraian
|
· Jelaskan perbedaan
antara arus listrik dan beda potensial listrik!
· Buatlah bagan rangkaian
seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!
· Lakukan percobaan untuk
menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan
alat-alat yang tersedia
· Disediakan
bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan
semikonduktor!
· Gunakan Hukum Kirchoff
untuk menghitung tegangan dan arus
pada rangkaian di bawah ini
· Hitunglah besarnya
hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di
bawah ini!
|
2x40
|
1, 2, 3, 4
|
||||
3.3 Mendeskripsi-kan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Sumber arus listrik
|
·
Mengkaji hal – hal
tentang gaya gerak listrik, susunan elemen listrik, cara kerja elemen
listrik
|
· Menjelaskan konsep gaya
gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
· Menjelaskan susunan dan
cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uraian
|
· Jelaskan apa yang
dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
· Uraikan bagaimana
prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder
|
1x40
|
1, 2, 3, 4
|
||||
3.4 Mendeskripsi-kan
hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Energi dan Daya listrik
|
· Mengkaji hubungan antara
tegangan, arus dan energi listrik, hubungan antara daya listrik energi
listrik, dan satuannya (kWh dan Joule)
· Menyelesaikan soal-soal
yang berkait dengan perhitungan penggunaan listrik
· Memantau perubahan
energi listrik ke bentuk energi lain
·
Mengkaji cara-cara yang tepat untuk melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan hubungan
antara tegangan, arus dengan energi listrik yang digunakan
· Menjelaskan hubungan
antara daya listrik, energi listri
· Menerapkan konsep
energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga
berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
· Menunjukkan perubahan
energi listrik menjadi energi bentuk lain
· Melakukan
penghematan energi dalam kehidupan
sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Penugasan
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Uraian
· Uraian
· Tugas rumah
· uraian
· Uraian
|
· Tentukan energi listrik
yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
· Tentukan daya listrik
pada skring
· Lihatlah KWh meter yang
ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai
selama 1 bulan!
·
Berikan contoh perubahan energi listrik menjadi energi
bentuk lain
· Bagaimana cara menghemat
energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?
|
3x40
|
1, 2, 3, 4
|
Sumber belajar:
1) Abdul, khalim, Agus Taranggono, Hari subagyo.
2008. Sains Fisika 3 SMP/MTS. Jakarta: Bumi Aksara.
2) Daroji, Harryati. 2010. The Essentials of
Physics 3. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
3) Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP 3A
untuk SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
4) Kanginan, Marthen. 2006. Ipa Fisika untuk
SMP kelas IX. Jakarta: Erlangga.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MTS NU SALAFIYAH
(
…………………………………. )
NIP/NIK
: .....................................
|
|
25, Maret
2012
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(
…………………………………. )
NIP/NIK
: .....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar